Software Pendukung untuk Java

Java 2 SDK , Standrad Edition (J2SE) .
   Merupakan sebuah paket software development dari Sun Microsystem yang mengimplementasikan dasar-dasar penulisan , pengujian , dan debug aplikasi-aplikasi Java dan Applet.

Text Editor
      Software ini berfungsi untuk menuliskan kode-kode program yang akan kita buat.

catatan : Untuk mempermudah dalam penulisan kode program sebaiknya menggunakan Java IDE .

Java IDE 
      Dalam melakukan pemrograman dibutuhkan alat atau tools yang biasa di sebut dengan IDE (Integrated Development Environmnet) untuk memudahkan kita dalam melakukan pengembangan atau pembuatan program. Di java sangat banyak IDE yang tersedia, dan hampir semuanya dapat di gunakan dengan gratis tanpa harus membeli lisensi. Namun dari sekian banyaknya IDE yang tersedia, tentunya hanya beberapa saja IDE yang memiliki fitur serta dukungan komunitas yang maksimal.


Terdapat 3 buah software Java IDE yang paling banyak digunakan dalam komunitas Java , yaitu :




  • JCreator merupakan software IDE  yang sederhana dan cepat ; cocok  digunakan untuk mempelajari kode-kode program. 
  • Eclipse merupakan software IDE yang dikembangkan oleh IBM . Sayangnya software ini memerlukan RAM yang relatif besar . IDE ini banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang kompleks (baik visual maupun console) dan pengembangan aplikasi mobile . 
  • NetBeans merupakan software IDE menarik yang layal digunakan untuk mengembangkan berbagai tipe aplikasi console , visual , enterprise , mobile , dan yang lain . Namun sayangnya , software ini juga membutuhkan RAM yang besar .

Comments